Langkah-langkah Mudah Membuat Bir di Rumah

Membuat bir dirumah bukanlah hal yang susah dan tidak mungkin. Jika anda bisa membuat mie instant sendiri hingga siap untuk dinikmati maka membuat bir dirumah bukanlah hal yang mustahil. Hal ini juga diterapkan oleh beberapa perusahaan bir di dunia. Pandahoki merupakan salah satu pemegang ijin usaha pemasok bir di tanah air yang menjalankan bisnis dibidang minuman beralkohol dan agen resmi judi online. Tentu saja sebagai pemilik usaha tersebut sudah paham benar cara membuat bir sendiri. Kita juga dapat mempraktekannya dirumah dengan cara yang simpel ini agar memiliki panduan yang tepat dalam membuat bir. Yuk kita simak langkah-langkah mudah untuk membuat bir sendiri dirumah.

Catatan : ini adalah rangkuman cara dasar untuk membuat bir, carilah referensi lain untuk hal hal yang lebih detail.

Step 1 : Persiapan (Prepare)

Langkah paling pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan semua bahan bahan dan peralatan yang di butuhkan untuk digunakan dalam pembuatan bir. Berikut adalah beberapa perlengkapan yang anda perlu siapkan sebelum anda membuat bir :

  1. Ketel bir
  2. Fermentor + pengunci udara
  3. Sendok Aduk
  4. Sanitizer
  5. Syphon Otomatis
  6. Selang untuk memindahkan cairan
  7. Beberapa wadah sesuai kebutuhan

Setelah peralatan komplit, yang perlu disiapkan selanjutnya adalah bahan bahan awal untuk pembuatan bir seperti :

  1. Malt ( biji barley )
  2. Hop ( humulus )
  3. Yeast ( Ragi )
  4. Priming Sugar ( gula fermentasi khusus untuk pembuatan bir )
  5. Extract Buah ( jika ingin bir dengan rasa yang unik )

Setelah semua peralatan dan bahan bahan sudah siap, hal berikutnya yang harus kita perhatikan adalah soal sanitasi. Sanitasi harus anda perhatikan dengan seksama, sekali lagi sanitasi ! karena keberhasilan anda akan sangat bergantung dengan seberapa bersih kah peralatan yang anda akan gunakan. Karena segala sesuatu yang bersentuhan dengan bir harus sudah di sanitasi. Contoh merek yang bagus untuk sanitasi dan pembersih adalah PBW  dan Star San.

Step 2 : Brew

  1. Rendam Biji Bijiannya, isi ketel bir yang sudah anda siapkan dengan 2,5 Galon air. Saat anda memanaskan air, rendam biji bijian selama 20 menit atau tunggu hingga air anda mencapai 170 derajat. Saat anda mengambil biji bijian yang sudah direndam ke dalam kantong, jangan peras biji bijian anda karena biji bijian tersebut akan mengeluarkan tanin yang nantinya dapat merusak rasa bir anda. Tetapi biarkan mentes secara alami hingga kering.
  2. Didihkan ketel anda, begitu sudah mendidih pisahkan ketel dari api dan masukan malt kedalamnya. Setelah malt larut, kembalikan ketel ke perapian dan mulai masukan hop secara perlahan secara berinterval. Jangan sampai ketel terlalu panas dan tetap jaga suhu yang cukup. Ikuti resep bir yang anda inginkan untuk menentukan interval memasukan hop.
  3. Setelah itu anda akan mendapakan wort atau dikenal dengan air gula. Dinginkan wort anda secepat mungkin dengan dua pilihan cara. Yang pertama adalah menggunakan Ice Bath – yaitu memasukan ketel kedalam bak berisi air es, atau melalui cara kedua yaitu menggunakan wort chiller. Cara kedua adalah cara paling efektif dalam mendinginkan wort.

Step 3 : Ferment

Sekali lagi kami ingatkan untuk jangan lupa membersihkan semua peralatan anda sehingga tetap steril.

  1. Tuang Wort yang sudah dingin ke dalam fermentor.
  2. Tambahkan air untuk menyamakan level air pada galon
  3. Aerasi wort dengan cara memercikan wort ke dalam wadah penampungnya. Ragi membutuhkan oksigen dan percikan wort anda akan membantu.
  4. Campurkan ragi ke dalamnya, ragi kering adalah bahan yang termudah. Kenapa ragi kering ? karena anda tidak perlu mempersiapkannya dengan ribet sebelumnya. Campurkan ragi kering tersebut kedalam fermentor.
  5. Tutup fermentor dan tambahkan kunci udara fermentasi, simpan di tempat dingin dan gelap. Atur suhu di sekitar 68 erajat agar fermentasi berjalan dengan benar.

Step 4 : Bottle

Setelah proses fermentasi yang akan berjalan kurang lebih sekitar dua minggu, langkah selanjutnya adalah dengan menyimpan hasil pembuatan bir ke dalam botol.

  1. Seperti biasa bersihkan dahulu semua peralatan dan botol yang akan kita gunakan.
  2. Rebus priming sugar dengan air sebanyak 16 0z, setelah dingin langsung tambahkan kedalam botol pencampur
  3. Ambil cairan bir dari fermentor dan distribusikan ke dalam botol pencampur
  4. Setelah tercampur merata distribusikan ke dalam botol kecil untuk menyimban bir
  5. Setelah didistribusikan ke dalam botol kecil, tutup dan simpan ke dalam tempat yang memiliki suhu ruangan sehingga bir dapat berkarbonasi.
  6. Biarkan selama 2 minggu dan setelah itu bir sudah siap untuk anda nikmati, simpan dahulu didalam kulkas untuk mendapatkan sensasi yang lebih nikmat.